Permaculture

img_2486

Kejadian 1:28

Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Pernah mendengar istilah Permaculture atau Permakultur?  Menurut Wikipedia, Permaculture adalah cabang ilmu desain ekologis, teknik ekologis, dan desain lingkungan yang mengembangkan arsitektur berkelanjutan dan sistem pertanian swadaya berdasarkan ekosistem alam.

Dalam ayat yang dikutip diatas, Tuhan memerintahkan kita untuk mengembangkan dunia ini dengan bertanggung jawab. Kita sebagai manusia harus memelihara dan menjaga lingkungan kita.

Akhir-akhir ini, mulai timbul kesadaran bahwa menjaga keseimbangan lingkungan yang berkelanjutan adalah suatu kegiatan yang bertanggung jawab.  Iniah yang menyebabkan ada gerakan budidaya yang bernama permakultur di atas.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita sebagai umat Kristen bertanggungjawab dengan lingkungan kita?

Kita bisa melakukan hal-hal yang kecil untuk menjaga lingkungan kita; seperti membuang sampah tidak sembarangan, memakai barang-barang yang bisa didaur ulang dan lain sebagainya.

Kita harus sadar bahwa sesuai dengan Firman Tuhan, kita juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelangsungan alam semesta dimana kita tinggal ini.

Selamat menjaga lingkungan tempat tinggal kita. Tuhan Yesus menyertai.

AGP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s