Resolusi Tahun Baru

Dalam setiap kali terjadi pergantian tahun, banyak dari kita melakukan perenungan dan rencana yang akan dilakukan pada tahun yang baru atau sering disebut dengan Resolusi. Resolusi Tahun Baru adalah tradisi yang umumnya berlaku di Dunia Barat, tetapi juga bisa ditemukan di seluruh dunia. Menurut tradisi ini, seseorang akan berjanji untuk melakukan tindakan perbaikan diri yang akan dimulai pada Hari Tahun Baru

Kini tahun baru 2018 telah tiba, apa yang menjadi Resolusi Tahun Baru 2018 kita?

Mungkin ada diantar kita yang akan melakukan perbaikan atau perubahan dalam kehidupannya, akan tetapi apakah kita sudah merencanakan untuk melakukan Resolusi terkait dengan kehidupan kerohanian kita?

Untuk hal tersebut, maka marilah kita melakukan pembacaan seluruh Alkitab pada tahun 2018 dengan sistimatis atau kita sebut Gerakan Membaca Alkitab secara Sistimatis (GEMAS) 2018. Kita perlu membaca dan mempelajari Alkitab secara pribadi karena Alkitab itu kata-kata Allah yang ditujukan kepada kita. 2 Timotius 3:16 mengatakan bahwa Alkitab ”dinafaskan Allah.” Dengan kata lain, itu adalah Firman Tuhan untuk kita. Alkitab juga memberi ribuan nasihat praktis seperti: bagaimana kita menemukan pasangan hidup? Bagaimana memiliki pernikahan yang langgeng? Bagaimana menjadi teman baik? Bagaimana menjadi orangtua yang baik? Apa itu kesuksesan dan bagaimana kita memperolehnya? dan lainnya.

Agar membantu program GEMAS ini, maka kita menggunakan media sosial yang ada dan kita akan memulai pada bulan Januari ini dengan membaca kitab Kejadian dan Keluaran setiap harinya.

Pada lembar warta bulan Januari ini akan diberikan pengantar dari kitab Kejadian dan Keluaran yang akan kita baca bersama-sama selama bulan Januari.

Renungan dari setiap Pasal yang akan kita baca bersama, berserta dengan artikel-artikel lainnya, dapat kita baca melalui website https://renunganselamat.wordpress.com/ atau akan di sebarkan melalui media sosial lain seperti WA Group Kanaan, Batu karang, SAA Mini dan lainnya.

Selamat menikmati Resolusi rohani kita bersama dengan GEMAS…. Tuhan Yesus Menyertai….

Pengantar Kitab Kejadian

(https://www.youtube.com/watch?v=K_Gd265GYZ4 dan https://www.youtube.com/watch?v=AMvbbGitx3Q)

KITAB Kejadian dimulai dengan kalimat “Pada mulanya.” kelima puluh pasal dalam kitab Kejadian ini merupakan sketsa sejarah manusia dari Penciptaan sampai Babel (Kejadian 1-11) dan dari Abraham kepada Yusuf (Kejadian 12-50). Sebelas pasal pertama memperkenalkan Tuhan Pencipta dan awal kehidupan, dosa, penghakiman, keluarga, ibadah, dan keselamatan. Sisa pasal selanjutnya dari kitab ini berfokus pada kehidupan empat leluhur iman bangsa Israel -Abraham, Ishak, Yakub, dan Yusuf – leluhur dari bangsa Israel.

Statistik Penting Kitab Kejadian
  • PENULIS: Musa, menurut tradisi Yahudi.
  • TANGGAL DITULIS: Tidak pasti; mungkin 1450-1410 SM (Sebelum Masehi)
  • TUJUAN: Untuk menunjukkan bagaimana dunia dan segala isinya berasal dan menunjukkan keinginan Allah untuk memisahkan orang-orang yang dikasihinya dari dunia untuk menyembah Dia.
  • TEMA: Asal dunia, manusia, dosa, dan bangsa Israel; kedaulatan dan kepercayaan Allah; ketaatan dan berkah.
Pengantar Kitab Keluaran

(https://www.youtube.com/watch?v=BlEk0x7Q8uY dan https://www.youtube.com/watch?v=3x-zHo7U_WE&t=3s )

SELAMA hampir empat ratus tahun sejak kisah dalam kitab Kejadian berakhir, keturunan dari keluarga Patriarkal (Abraham, Ishak, Yakub dan Yusuf) telah mengalami kabar baik dan kabar buruk. Kabar baiknya: mereka telah tumbuh menjadi bangsa yang besar menjadi bangsa dengan populasi beberapa juta penduduk. Kabar buruk: mereka telah menjadi budak yang tertindas di tanah Mesir. Keluaran adalah kisah penebusan dari perbudakan di bawah Firaun melalui suatu perjanjian dengan Allah. Lewat kisah perjalanan bangsa Israel dari Mesir ke Sinai, bangsa Israel belajar akan kekuatan dan kekuasaan Allah dan pentingnya ibadah nasional.

Statistik Penting Kitab Keluaran
  • PENULIS: Musa, menurut tradisi Yahudi.
  • TANGGAL DITULIS: Tidak pasti; mungkin 1450-1410 SM
  • TUJUAN: Untuk merekam peristiwa pembebasan Israel dari Mesir dan berkembangnya mereka sebagai sebuah bangsa.
  • TEMA: Kedaulatan Allah, bimbingan, penebusan, dan perjanjian dengan Israel; ketaatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s