Januari 9

BACAAN: Kejadian  21-24    

Hari 9

“Ishak – Janji Tuhan dalam Daging dan Darah”

GARIS BESAR

Bacaan hari ini menggambarkan kelahiran dan tahun-tahun awal Ishak, putra yang telah lama ditunggu dan dijanjikan Allah kepada Abraham.

Setelah bertahun-tahun belajar berjalan dengan iman, Abraham dan Sarah mengalami sukacita terbesar dalam hidup mereka: kelahiran ajaib seorang putra, ahli waris serta orang yang dengannya Tuhan akan membentuk sebuah bangsa yang besar.

Namun ada kisah yang harus dilalui untuk ujian Abraham yang paling kritis – perintah untuk mengorbankan anaknya yang berharga sebagai korban bakaran kepada Allah.

Bercermin pada iman kepada Tuhan yang selama ini dialaminya, Abraham mematuhi apa yang Tuhan minta dia lakukan ini.  Dengan demikian Abraham belajar pelajaran lain dalam hidupnya, yaitu kesetiaan dan ketaatan kepada Tuhan.

Sementara itu Sarah, yang melihat anaknya mencapai kedewasaan, namun Sarah tidak hidup sampai melihat Ishak menikah.

RENUNGAN HARIAN

“Tidak ada yang namanya kebetulan, segala sesuatu itu adalah kehendak sempurna Tuhan.” Itu bukan hanya pepatah yang bagus. Hal itu diucapkan oleh seorang ayah yang remaja putrinya baru saja menjalani operasi otak setelah terjadi tabrakan mobil dan bus. Maksudnya, baik bentuk dan waktu “kecelakaan” yang terjadi itu berada di bawah kekuasaan Tuhan.

Bukan suatu kebetulan bahwa pasal 22, mengenai persembahan Ishak, dimulai dengan kata-kata ini: “Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham.”

Mengapa Tuhan memilih untuk menguji iman Abraham pada saat ini?

Abraham telah mengalami banyak pengalaman tantangan iman. Tapi semuanya itu hanyalah persiapan untuk tes ketaatan Abraham yang paling besar yaitu untuk mengorbankan anak perjanjiannya.

Apakah Anda belajar pelajaran hari ini yang akan membantu Anda menghadapi ujian yang mungkin Tuhan akan berikan untuk Anda di kemudian hari?

Pikirkan satu situasi ujian iman yang sedang Anda hadapi saat ini.

Bagaimana mungkin Tuhan menggunakannya untuk mempersiapkanmu besok?

Mintalah agar Tuhan membuat Anda bisa diajar dalam ujian iman yang sedang Anda hadapi saat ini, sehingga Anda akan siap menghadapi ujian iman lainnya yang mungkin lebih berat di hari-hari yang akan datang.

PENGUKURAN TINKGAT KEROHANIAN KITA TIDAK HANYA PADA SAAT MENGALAMI BERKAT TETAP JUGA DALAM KETAATAN.

PENDALAMAN

Sebuah Pertukaran yang Mahal | Kej 21:10

Pada zaman Abraham, seorang putra yang berasal dari seorang budak perempuan, kehilangan hak atas warisan jika ibunya dikeluarkan dari rumah tangga.

Pernyataan Sarah dalam Kejadian 21:10 menunjukkan bahwa dia berusaha memaksa Abraham untuk melakukan hal yang sama dengan Hagar dan Ismael. “Hal ini sangat menyebalkan Abraham oleh karena anaknya itu.” (21:11).

Di Gunung Tuhan | Kej 22:14

Kejadian 22:14 mengatakan bahwa “Dan Abraham menamai tempat itu: “TUHAN menyediakan.'”

Banyak aspek dari cerita ini yang mengarah pada Yesus. Baik Ishak dan Yesus adalah anak perjanjian; masing-masing lahir melalui konseps ajaib; masing-masing membawa kayu pengorbanannya; Masing-masing dikorbankan oleh ayahnya di gunung yang mungkin sama persis. Yang satu diselamatkan oleh seekor domba, dan yang lainnya adalah Anak Domba.

Tuhan menyediakan.

 

 

www.renunganselamat.wordpress.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s