Januari 12

BACAAN: Kejadian  32-36    

Hari 12

“Pertemuan Yakub dengan Esau”

GARIS BESAR

Setelah berhasil melepaskan diri dari pamannya, Laban, Yakub sekarang menghadapi bahaya yang lebih besar lagi dari saudara laki-lakinya, Esau.

Kemudian Yakub bergumul dengan Malaikat Tuhan sampai fajar menyingsing, setelah sebelumnya Yakub mengirim keluarganya menyeberangi Sungai Yabok,

Tuhan meyakinkan Yakub tentang kehadiranNya yang akan terus berlanjut dan memberikan Yakub pengingat dari pergumulan tersebut: sebuah nama baru – Israel (“orang yang berperang melawan Allah”) – dan menjadi seorang yang pincang permanen.

Setelah berdamai dengan Tuhan, Yakub siap untuk didamaikan dengan Esau dan kembali ke Kanaan sebagai suatu bagian penting dalam penggenapan janji-janji Allah yang terus berlanjut.

RENUNGAN HARIAN

Daud, Yabes, dan Yakub adalah tiga tokoh Alkitab yang tidak memiliki kesamaan. Daud, raja Israel yang perkasa. . . Yabes, sosok tidak jelas yang diceritakan pada 1 Tawarikh serta Yakub, si penipu yang menjadi pelayan. Namun mereka berbagi pengalaman yang sama.

Daud berdoa, “Kiranya Allah mengasihani kita dan memberkati kita” (Mazmur 67: 1). Yabes berdoa, “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah….” (1 Tawarikh 4:10). Yakub bergumul dengan Tuhan, berkata, “Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku” (Kejadian 32:26).

Dan dalam setiap kasus diatas, Tuhan menjawab doa-doa tersebut dengan tepat.

Kerajaan Daud menikmati kedamaian dan kemakmuran yang belum pernah terjadi sebelumnya; Yabes menerima dari Tuhan apa yang dimintanya; dan sebagai tanggapan atas permohonan Yakub, Tuhan memberkati Yakub (32:29).

Mungkin Tuhan memiliki berkat untuk Anda-dalam bentuk perlindungan (seperti Daud), memperluas tanggung jawabnya (seperti Yabes), atau janji baru (seperti Yakub); tapi  itu semua baru akan kita peroleh jika kita ungkapkan dan minta dalam doa kepada Tuhan: “Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.” (Yakobus 4: 2)?

Gunakanlah doa Daud, Yabes, dan Yakub untuk mengungkapkan keinginan hatimu. Dan jangan Anda kaget saat Tuhan menjawabnya.

SEMUA BERKAT MENUNTUT TANGGUNG JAWAB, JADI JANGAN BERDOA UNTUK MEMINTA BERKAT JIKA ANDA TIDAK SIAP UNTUK BERTANGGUNGJAWAB.

PENDALAMAN

Berkat dipulihkan | Kej 33:16

Setelah memulai tanpa memiliki apa-apa, Yakub dapat mengumpulkan kekayaan selama dua puluh tahun ketika dia akan kembali ke Kanaan.

Kekayaan Yakub terlihat ketika dia bisa memberi lebih dari 500 ekor hewan kepada saudaranya Esau (33: 8-11).

Pemberian yang merupakan berkat Tuhan kepada Yakub ini, membantu kelancaran proses rekonsiliasi Yakub dengan Esau.

Empat tonggak sejarah spiritual | Kej 35:15

Di awal hidupnya, Yakub bertemu dengan Allah nenek moyangnya empat kali di tiga tempat yang berbeda: di Betel, Tuhan menyatakan dirinya kepada Yakub (28: 10-22); di Haran, Tuhan mengarahkan Yakub (31: 1-16); Di Peniel, Tuhan memulihkan dia (32: 24-32); dan kembali ke Betel lagi, Tuhan meyakinkannya (35: 1-15).

 

Untuk melihat renungan hari lainnya, klik tautan berikut ini:
http://www.renunganselamat.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s