Januari 15

BACAAN: Kejadian  41-44    

Hari 15

“Saudara-saudara Yusuf di Mesir”

GARIS BESAR

Selama pemenjaraannya, Yusuf mendapatkan reputasi sebagai penafsir mimpi yang akurat.

Akhirnya Yusuf mendapat kesempatan dalam menggunakan kemampuan yang diberikan Tuhan untuk menafsirkan mimpi buruk Firaun.

Meskipun penafsiran itu tidak menyenangkan, tetapi tanggapan Firaun sangat mencengangkan: Yusuf menjadi perdana menteri negeri ini, yaitu sebagai orang yang memiliki kekuasaan besar dibawah Firaun sendiri.

Dengan datangnya kelaparan di seluruh dunia, Yusuf menjadi administrator program bantuan Firaun untuk memenuhi tantangan kelaparan tersebut.

Posisi barunya ini memungkinkan Yusuf untuk menghadapi kejahatan tersembunyi dari saudara-saudaranya yang telah dilakukan mereka sebelumnya dengan saksama dengan kebenaran.

RENUNGAN HARIAN

Ada banyak keterampilan yang bisa Anda pelajari di sore hari, seperti cara mengganti oli mobil Anda atau memanggang kue.

Keterampilan lain membutuh waktu lebih lama untuk dapat dikuasai, misalnya bagaimana menyanyikan lagu dengan baik atau mengendarai mobil. Selain itu   ada juga keterampilan, seperti bagaimana bekerja sama dengan orang lain, yang akan Anda asah dan kembangkan seumur hidup Anda.

Tetapi ketrampilan yang paling penting yang perlu kita kuasai adalah bagaimana kita percaya akan janji Tuhan meski keadaan yang kita hadapai tidak menjanjikan.

Tiga belas tahun kehidupan Yusuf dihabiskan dalam ketidakjelasan di Mesir. Tapi itu semua bukanlah tahun-tahun yang sia-sia. Tuhan dalam kebijaksanaannya yang tak terbatas, tahu bahwa pria yang muncul di Pasal 41 akan berbeda dari pria yang tenggelam dalam Pasal 37.

Dunia dengan permasalahan di dalamnya adalah sarana untuk melatih Anda dalam  panggilan Anda sebagai anak-anak Allah.

Dengan dihadapkan dengan permasalahan, ada beberapa orang yang tumbuh sayapnya sehingga dapat terbang; sebaliknya ada juga orang yang ketika menghadapi permasalahan akan menjadi patah arang dan menjadi lemah.

Dari dua tipe diatas, seperti apakah tipe Anda?

Bacalah Yesaya 40:31, dan dimanapun Anda bertemu dengan kata mereka, ganti nama Anda sendiri. Ini adalah janji yang ditujukan untuk Anda.

SANGAT MUNGKIN UNTUK BELAJAR DARI MUSUH KITA HAL-HAL YANG TIDAK DAPAT DIPELAJARI DARI TEMAN.

PENDALAMAN

Dari Penjara ke Istana dalam Satu Hari | Kej 41:40

Pada usia tujuh belas tahun, Yusuf dijual menjadi budak di Mesir (37: 2-28). Tiga belas tahun kemudian ia bangkit dari dalam penjara (39:20) menjadi Perdana Menteri dari seluruh bangsa (41:46). Pada waktu yang tepat, Tuhan mempromosikan Yusuf dari penjara ke istana dalam satu malam (41: 14-40). Ini semua adalah pengingat bagi Anda bahwa Yusuf adalah “lulusan sekolah iman” yang diselenggarakan oleh Tuhan dan kelulusannya tergantung dari waktu Tuhan.

 

Untuk melihat renungan hari lainnya, klik tautan berikut ini:
http://www.renunganselamat.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s