Januari 16

BACAAN: Kejadian  45-47    

Hari 16

“Keluarga Yusuf Bersatu di Mesir”

GARIS BESAR

Bacaan hari ini berisikan kesimpulan yang menarik mengenai Yusuf dan saudara-saudaranya.

Setelah kedatangan saudara-saudaranya yang kedua kali ke Mesir, Yusuf tidak dapat menahan rahasianya lagi.

Dalam situasi yang penuh emosi, Yusuf mengungkapkan bahwa dia adalah saudara laki-laki mereka yang telah di jual menjadi budak.

Tapi Yusuf tidak membalaskan dendam atas perlakuan buruk mereka terhadapnya. Sebaliknya, dia menunjukkan kasihnya kepada saudara – saudaranya, dengan menyatakan bahwa Tuhanlah yang berada di balik semua kejadian  itu untuk mendatangkan kebaikan dari keadaan yang sulit saat itu.

Hasil dari tindakan Yusuf ini, maka ayahnya Yakub, pindah ke Mesir untuk menghabiskan sisa hidupnya bersama keluarganya.

RENUNGAN HARIAN

Kedaulatan adalah berarti kekuasaan tertinggi dan kata ini juga merupakan konsep Alkitabiah yang berkaitan dengan hidup Anda setiap hari.

Tuhan itu berdaulat, artinya tidak ada yang peristiwa yang terjadi yang dapat mengejutkanNya.

Setiap pengalaman dalam hidup Anda, dari yang paling menyenangkan hingga yang paling menyakitkan, semuanya itu boleh terjadi karena telah diizinkan oleh Tuhan untuk suatu tujuan yang sangat istimewa.

Yusuf belajar mengenai kebenaran penting ini. Dibutuhkan penderitaan selama bertahun-tahun agar Yusuf dapat sampai ke tujuan yang telah ditetapkan oleh Allah.

Mengenai saudara-saudarannya yang telah menjual dia, Yusuf menyatakan, “Jadi bukanlah kamu yang menyuruh aku ke sini, tetapi Allah” (45: 8).

Lihatlah kembali kehidupan anda selama ini dan pilihlah satu peristiwa yang menunjukkan bahwa Tuhan seolah-olah telah kehilangan kendali dalam hidup Anda.

Mungkin pada waktu kematian dari salah satu anggota keluarga Anda, kehilangan pekerjaan atau kecelakaan yang tak terduga.

Sekarang dari seluruh ingatan yang menyakitkan itu, Anda tuliskan kalimat berikut ini: ‘Tuhan ada saat kejadian itu terjadi’.

Dengan menggunakan kata-kata Anda sendiri, tuliskan arti dari kata kedaulatan  dan buatlah agar arti yang Anda buat itu, berbicara secara pribadi sesuai  dengan situasi Anda sendiri. (Contohnya: “Kedaulatan berarti Tuhan memiliki maksud khusus atas PHK – Pemutusan Hubungan Kerja yang saya alami. Tuhan Yesus tidak melupakan dan membiarkan saya sendirian, Dia memiliki sesuatu yang lebih baik untuk kehidupan saya.”)

KITA HARUS BERSYUKUR KARENA ALLAH MEMPUNYAI RENCANA YANG LEBIH BESAR DARI YANG KITA PIKIRKAN.

PENDALAMAN

Mengapa Tuhan Memindahkan Bangsa Israel ke Mesir? | Kej 47:12

Tidak sulit melihat Hikmat Allah dalam proses perpindahan keluarga Yakub ke Mesir (47: 1).

Mereka tidak hanya selamat dari kelaparan, tetapi bangsa Israel juga cenderung untuk tetap menjadi orang yang berbeda dan terpisah dari bangsa-bangsa lainnya di Mesir, karena Yakub dan anak-anaknya adalah gembala, yang merupakan pekerjaan yang diharamkan/dinajiskan oleh orang-orang Mesir.

Dengan demikian Bangsa Israel secara alami dimurnikan dari pernikahaan campur antara orang Mesir dan orang israel.

Selama empat ratus tahun, bangsa Israel akan tinggal di  Mesir dan, meskipun melewati banyak pencobaan, bangsa Israel akan terus bertambah dan menjadi bangsa yang besar.

“Bukan Anda yang Telah Melakukannya, Tetapi Allah yang Telah Melakukannya “| Kej 45: 5

Pada dasarnya dengan mengatakan, “Karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu,” Yusuf membuat pernyataan mengenai pemeliharaan yang Tuhan berikan.

Dengan melihat ke belakang, Yusuf dapat dengan jelas melihat rencana Tuhan dalam hidupnya untuk menyelamatkan keluarga Yakub dari kelaparan.

Pada akhirnya, kehidupan Yusuf menjadi bagian dari rencana Allah yang lebih besar, yaitu untuk menyelamatkan umat manusia melalui Yesus sang Mesias, yang merupakan keturunan dari keluarga Yakub.

 

Untuk melihat renungan hari lainnya, klik tautan berikut ini:
http://www.renunganselamat.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s