Januari 19

BACAAN: Keluaran  3-6   

Hari 19

“Konfrontasi dengan Firaun”

GARIS BESAR

Setelah empat puluh tahun merefleksikan perjalanan hidupnya, Musa menyimpulkan bahwa dia tidak layak untuk melayani Tuhan.

Dalam perdebatan yang luar biasa dengan Tuhan yang hidup, Musa mengajukan empat alasan dan memohon kepada Tuhan untuk mengirim orang lain sebagai juru bicara Allah.

Akhirnya, setelah Tuhan mengirim Harun untuk mendampingi Musa sebagai juru bicara Musa, Musa berhadap-hadapan dengan Firaun dalam menyampaikan pesan Tuhan.

Seperti yang diperkirakan, Firaun tidak hanya menolak semua tuntutan Tuhan, tapi juga menambahkan penderitaan orang Ibrani.

Hal ini membuat popularitas Musa dimata bangsa Israel merosot, namun Tuhan meyakinkan Musa bahwa Tuhan akan menepati janjiNya untuk membebaskan bangsa Israel.

RENUNGAN HARIAN

Gereja dapat disamakan seperti pertandingan sepak bola dimana ribuan penonton yang tidak terlatih memberi komentar pada beberapa pemain yang berpengalaman.

Apakah Anda seorang penonton atau pemain?

Sebelum memberikan daftar alasan agar Anda meninggalkan pelayanan di gereja Anda, renungkanlah kisah Musa saat dia menjadi seorang gembala yang berusia delapan puluh tahun sedang berdebat Allah yang menampakkan diri di semak yang terbakar.

Musa dengan tepat dapat memberikan alasan bahwa bangsanya sendiri tidak akan mendengarkan apa yang akan Musa sampaikan. Selain itu, dia juga mempunyai hambatan untuk berbicara dengan lancar! Musa mungkin berpikir: “Pastinya, Tuhan telah salah untuk memilihnya untuk menjadi pembebas bangsa Israel.”

Namun dengan sabar, Tuhan menjawab Musa: “Aku bisa menggunakan semak ini, tongkat di tanganmu, atau bahkan bibir gagapmu untuk menggenapi rencanaKu.”

Dengan semua kekurangan yang Anda miliki, Tuhan mungkin tidak merekrut Anda untuk memimpin sebuah bangsa keluar dari perbudakan seperti Musa. Tapi Dia pasti ingin menunjukkan apa yang bisa Dia lakukan melalui Anda.

Jika Allah mengatakan hal ini: “Akulah Tuhan, yang membutuhkan Anda”, maukah Anda menjawabNya dengan kalimat: “Ya, Saya bersedia untuk setia dipakai Tuhan”?

DALAM STRATEGI ALLAH, UNTUK DAPAT HIDUP SUKSES, KARAKTER LEBIH PENTING DARI KECERDASAN.

PENDALAMAN

Siapa NamaMu? | Kel. 3:14

“AKU ADALAH AKU.” (3:14), adalah nama yang diwahyukan Allah. Ini adalah nama yang dengannya Allah dikenal dan disembah.

Nama ini mengungkapkan sifatNya yang tidak berubah, atribut kekalNya, dan kesetiaan totalNya terhadap bangsa Israel.

Yesus, dalam wahyu surga-Nya kepada rasul Yohanes, menyinggung nama kudus ini ketika Dia menyebut diriNya sebagai “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.” (Wahyu 1: 8) .

Tunggul Gandum pengganti Jerami | Kel. 5: 10-12

Batu bata yang dibuat dengan jerami akan lebih kuat hasilnya daripada yang tanpa menggunakan jerami, karena bahan kimia yang dilepaskan oleh jerami yang membusuk membuat tanah liat lebih lentur dan homogen (5: 10-12).

Jerami juga menyediakan bahan berserat untuk menahan tanah liat yang lebih rapuh di blok yang stabil secara struktural.

Arkeolog melaporkan bahwa banyak bangunan yang dibangun pada zaman Alkitab dengan batu bata yang dikeringkan matahari ini, masih berdiri sampai sekarang.

Saya akan membawa kamu keluar | Kolose 1: 13-14

Dalam Kolose 1: 13-14, Rasul Paulus menjelaskan penebusan kita dari dosa dalam gambaran bahasa “pembebasan umat-Nya dari perbudakan dari penindasan Firaun/Mesir” (lihat Keluaran 6: 6-8).

 

Untuk melihat renungan hari lainnya, klik tautan berikut ini:
http://www.renunganselamat.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s