Februari 5

BACAAN: Imamat 16-17    

Hari 36

“Hari Terkudus dalam Satu Tahun”

GARIS BESAR

Mengamati Hari Pendamaian yang agung setiap tahunnya adalah suatu tindakan penyembahan Israel yang paling utama.

Pada hari itu, bangsa Israel berkumpul untuk menyaksikan dengan penuh harap saat Imam Besar memasuki Tempat Maha Kudus dengan darah penebusan untuk menutupi dosa bangsa tersebut pada tahun sebelumnya.

Karena darah adalah bahan utama dalam pengampunan nasional dan pribadi Israel, Tuhan melarang penggunaannya untuk tujuan apa pun kecuali pengorbanan kepadanya, “karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan” (17:11).

RENUNGAN HARIAN

Pernahkah Anda hidup dengan ketidakpastian yang menggerogoti? Penyakit yang berulang? Hutang yang harus dibayar? Ancaman tindakan hukum?

Emosi menghadapi situasi seperti itu sangat menyakitkan.

Di zaman Perjanjian Lama, emosi yang melingkupi udara pada setiap Hari Pendamaian pasti sangat luar biasa.

Saat Imam Besar dengan hati-hati memasuki Tempat Maha Kudus untuk mengadakan pendamaian bagi dosa-dosa bangsa, satu pertanyaan paling penting di dalam benak setiap orang: Apakah Tuhan akan menanggung dosa mereka selama satu tahun lagi?

Kenyataan menyedihkan dari Hari Pendamaian adalah: Orang-orang tidak pernah sepenuhnya dibersihkan dari dosa-dosa mereka. Dosa mereka hanya ditanggung sementara dan dibuang melalui kepala kambing.

Utang dosa tetap tidak dibayar, seperti surat hutang yang ditangguhkan dari tahun ke tahun.

Apakah Anda merasa senang karena Yesus Kristus mengakhiri ketidakpastian itu untuk selama-lamanya?

Dengan kematianNya hutang dosa yang sudah berlangsung lama telah dibayar penuh (Kolose 2:14).

Saat Anda membayar tagihan listrik atau air Anda bulan ini, ingatkan diri Anda – dan satu orang lagi – bahwa Yesus telah membayar hutang Anda kepada Tuhan secara penuh.

KEISTIMEWAAN SALIB BUKAN TERLETAK PADA DARAH YANG TERCURAH TAPI PADA SIAPA PEMILIK DARAH TERSEBUT

PENDALAMAN

Ditahirkan dan Ditebus Satu Tahun Lagi | Im. 16: 2-34

Hari Pendamaian adalah hari yang paling penting di Israel kuno (16: 2-34).

Pada hari ini saja, dua hal istimewa terjadi: Imam Besar memasuki Tempat Maha Kudus untuk mengadakan pendamaian bagi dosa-dosa bangsa, dan sebuah kambing secara simbolis membawa dosa-dosa bangsa ke padang gurun.

Ritual ini dirancang untuk “menutupi” dosa rakyat sampai Yesus Kristus datang dan mati di kayu salib, mengadakan pendamaian untuk dosa sekali dan untuk selamanya.

Tidak ada Pengorbanan Pribadi yang Diizinkan | Im. 17: 3-4

Pembatasan terhadap pengorbanan pribadi di luar Kemah Suci (17: 3-4) adalah untuk mencegah orang-orang terlibat ke dalam praktik penyembahan berhala.

Hanya imam yang ditahbiskan dengan benar serta di tempat yang tepat (Kemah Suci), pengorbanan Israel bisa dipersembahkan.

 

Untuk melihat renungan hari lainnya, klik tautan berikut ini:
http://www.renunganselamat.wordpress.com

Leave a comment