Oktober 28

Refleksi dan Penyembahan

Hari 302

“Siapa dengan Jawaban”

TUJUAN MISI ANDA ADALAH ORANG BERIKUTNYA YANG ANDA TEMUI.

REFLEKSI

Berbeda dengan Injil Sinoptik (Matius, Markus, dan Lukas), Injil Yohanes mungkin disebut sebagai Injil tambahan; sekitar sembilan puluh tiga persen dari catatannya tidak ditemukan di tempat lain dalam catatan Injil.

Karakter favorit seperti wanita di sumur, Nikodemus, dan sahabat Yesus yang terkasih Lazarus hnaya ditemukan dalam Injil Yohanes.

Lukas menulis dengan ketepatan sejarawan yang hati-hati ketika ia mendokumentasikan kehidupan dan masa Yesus, karena itulah tujuannya: “menulis laporan yang cermat untuk Anda,. . . sehingga Anda bisa yakin akan kebenaran dari semua yang diajarkan kepada Anda ”(Lukas 1: 3-4).

Sebaliknya, Yohanes berfokus pada tanda-tanda ajaib yang Yesus lakukan (tujuh dalam dua belas pasal pertama saja) “bahwa Anda dapat terus percaya bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah, dan bahwa dengan percaya kepadanya Anda akan memiliki kehidupan” ( Yohanes 20:31).

Banyak ayat yang Anda baca dalam seminggu terakhir ini akan menjadi proyek kerja memori yang luar biasa.

Mengapa Anda tidak menghafalkan sedikit Firman Tuhan di hati Anda minggu depan ini, dimulai dengan salah satu dari ayat-ayat berikut: Lukas 16:13; 18:16; 19:10; 20:25; Yohanes 1:12, 14; 3:16, 36; 5:24; 8:32.

ADORASI

Ada ketukan di pintu Anda.

Sudah terlambat, dan pengunjung di malam hari jarang. Tetapi pengunjung ini ternyata adalah pendeta atau pemimpin agama Anda. Setelah beberapa menit percakapan sopan, diskusi mengambil giliran yang serius. Dia bertanya kepada Anda, “Bagaimana saya bisa tahu bahwa saya seorang Kristen?”

Apakah Anda akan terkejut? Tentu saja Anda akan terkejut. Umumnya semua, para pemimpin spiritual seharusnya tahu jawaban atas pertanyaan spiritual itu.

Dalam Yohanes 3 Anda telah membaca kisah nyata yang dalam banyak hal menyejajarkan cerita fiktif tentang pendeta Anda.

Nikodemus adalah seorang Farisi, seorang yang religius. Terlatih dalam hukum Musa, dia adalah ahli dalam Perjanjian Lama. Sangat mungkin dia mengajar anak-anak di sekolah sinagoge.

Tetapi di sini dia menanyakan kepada Yesus pertanyaan yang seharusnya dia siapkan untuk menjawab dirinya sendiri: “Bagaimana mungkin seorang lelaki tua dapat kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan kembali?” (Yohanes 3: 4).

Dengan kata lain, bagaimana seseorang dapat mengalami kelahiran kedua?

Jawaban Yesus telah menjadi ayat yang paling dikenal di seluruh Alkitab — Yohanes 3:16. Di sana Anda akan menemukan berita terbaik yang pernah disiarkan ke dunia. Apakah kamu tahu apa itu?

APLIKASI

Inilah cara yang mudah untuk mengingat apa yang dikatakan Yesus kepada Nikodemus selama perjamuan malam itu.

Dengan menuliskan huruf-huruf dalam kata Injil, Anda siap tidak hanya untuk menemukan Kabar Baik untuk diri sendiri tetapi juga untuk membagikannya kepada siapa saja yang mau mendengarkan Anda selama dua menit.

Cukup isi kata-kata dari ayat akrab di bawah ini (Kali ini coba Anda lengkapi dalam bahasa Inggrisnya).
G___________ loved the world so much that He gave His one and
O___________
S___________, so that everyone who believes in Him will not
P___________ but have
E___________
L___________

(“God loved the world so much that He gave His one and only son, so that everyone who believes in Him will not perish but have everlasting life”)

Jika Anda telah menaruh kepercayaan penuh percaya diri Anda pada Yesus sebagai orang yang menanggung dosa Anda, itu berarti Anda telah mengalami kelahiran kedua.

Kehidupan kekal adalah karunia Allah bagi semua yang mengakui kebutuhan mereka akan seorang Juru Selamat dan berbalik kepada Yesus dalam iman yang percaya.

Pernahkah Anda mendengar Kabar Baik?

Baik! Sekarang kabarkanlah pada orang lain yang belum mendengar.

Untuk melihat renungan hari lainnya, klik tautan berikut ini:
https://renunganselamat.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s