Apakah Alkitab itu? (OTS01)

Bagian 1

Saya merasa kita baru akan memulai suatu perjalanan baru bersama.

Selamat datang di program baru ini yang disebut sekolah alkitab Mini dan kita akan bersama-sama mempelajari Alkitab dari awal hingga akhir dalam 360 pelajaran.

Tampaknya perjalanan yang panjang namun akan cepat selesai.

Saya bersemangat sekali tentang kelas ini dan saya tahu anda pun akan bersemangat.

Jadi, bergabunglah dengan kami dalam perjalanan ini dan undanglah yang lain untuk bergabung dengan kelas ini, sementara kita mempelajari kitab terpenting di dunia yaitu Alkitab.

Kalau Anda menempuh perjalanan panjang bersama kelompok orang, misalnya ke tanah suci, bersama 30 atau 40 orang, maka bertahun-tahun kemudian ketika anda berjumpa dengan orang-orang tersebut akan ada ikatan di antara anda dengan mereka karena anda telah berbagi pengalaman dengan mereka dalam perjalanan indah bersama mereka.

Saya merasa seolah-olah kita baru akan memulai perjalanan seperti itu, sebab kita akan mempelajari ke 66 kitab dalam Alkitab.

Dalam hal ini, kita akan mempelajari yang pertama, isi dari masing-masing kitab dalam Alkitab. Kedua mempelajari outline atau gambaran besarnya, dan yang terpenting yang ketiga adalah mempelajari pesan perenungan dari masing-masing kitab dalam Alkitab ini.

Dengan kata lain kita akan mempelajari aplikasi praktis Alkitab dalam kehidupan pribadi kita masing-masing.

———————————-

Untuk mencapai tujuan ini, Saya akan memberi Anda bagian tertentu dari alkitab untuk dibaca sementara kita mempelajari ke-66 kitab ini.

Selain penugasan membaca ini, Terkadang saya akan memberi Anda penugasan tertulis dan seakan menyarankan pertanyaan-pertanyaan selagi kita mendalami masing-masing kitab.

Sehingga dapat membantu anda memahami isinya pesan, perenungannya, gambaran besarnya, dan aplikasi praktisnya dalam kehidupan Anda pribadi.

Selain itu kami ingin memberi Anda kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Kami mengundang Anda untuk menghubungi kami dengan pertanyaan Anda.

Di akhir setiap programnya, sang komentator akan memberikan alamat kami.

Kalau Anda pernah membaca Alkitab dari kitab kejadian hingga Kitab Wahyu, Saya yakin, Anda menyadari fakta bahwa program ini hanyalah suatu perkenalan.

Program ini adalah program sintesa alkitab atau mengambil bagian-bagiannya dan menggabungkannya menjadi suatu keutuhan.

Alkitab dibagi menjadi 66 bagian.

Namun kami mau memberi Anda pemahaman baru bagi keseluruhan kitab yang kita sebut Alkitab ini.

Saya ingin memberi Anda tantangan di awal pengalaman bersama ini.

Satu-satunya hal yang akan menjadikan studi ini bernilai besar bagi Anda, adalah Kalau Anda berkomitmen mengerjakan penugasan yang kami sarankan.

Rasul Paulus mengatakan bahwa satu-satunya cara agar kita bisa terhindar dari rasa malu ketika subjek Alkitab dibicarakan adalah menjadi pekerja.

Satu-satunya cara untuk benar-benar memahami Alkitab adalah bekerja.

Saya ingin memberi Anda tantangan di sini, di awal program ini untuk berkomitmen tidak melewatkan satu pelajaran pun dan mengerjakan segala penugasan yang kami berikan.

Banyak orang yang mengambil kursus studi ini telah melamar ke dewan sebuah misi.

Banyak organisasi misi menuntut pemahaman Alkitab, selain keterampilan khusus yang mereka miliki.

Di awal kursus studi ini, yaitu di awal perjalanan bersama yang sangat mengagumkan ini, Saya juga ingin mengatakan sesuatu tentang peralatan yang anda butuhkan untuk mempelajari Alkitab.

Anda tahu bahwa tukang kayu, tukang ledeng, dokter gigi, dokter bedah, pembuat jam tangan semuanya memiliki peralatan dan mereka tahu cara menggunakan peralatan tersebut untuk melaksanakan bidang khusus mereka.

Untuk bersungguh-sungguh mempelajari Alkitab, Anda membutuhkan peralatan tertentu dan Saya ingin menyebutkan sebagiannya.

Peralatan yang pertama sudah jelas yaitu Alkitab itu sendiri.

Saya merekomendasikan anda mencari Alkitab yang kuat penjilidannya. 

Mungkin anda akan memberikan catatan di dalam alkitab anda untuk membantu Anda mengingat ayat-ayat penting.

Anda akan sangat mengenalinya dan setelah beberapa tahun mempelajari Alkitab tersebut, kalau Alkitab anak kurang kuat penjilidannya, terpaksa Anda buang karena pasti sudah banyak halamannya yang lepas.

Jadi saya merekomendasikan Anda mencari Alkitab yang kuat penjilidannya.

Alat lain yang anda butuhkan kalau ingin mempelajari Alkitab adalah kamus Alkitab.

Kamus Alkitab adalah kamus yang menjelaskan tentang setiap tokoh, tempat atau hal dalam Alkitab.

Seandainya Anda pernah ke tanah suci dan membawa kamus Alkitab, Anda dapat mengenali setiap tempat di tanah suci sebab kamus Alkitab akan menjelaskan tentang setiap tempat yang disebutkan dalam Alkitab.

Kamus Alkitab ini adalah alat yang sangat penting untuk mempelajari Alkitab.

Alat penting lainnya adalah Konkordasi Alkitab.

Konkordasi Alkitab adalah buku yang menyebutkan setiap kata dalam Alkitab dan menjelaskan dimana anda dapat menemukannya dalam Alkitab.

Seandainya Anda bertanya kepada para sarjana Alkitab, Seandainya Anda terdampar disebut pulau dan Anda hanya mungkin mempunyai 1 buku selain Alkitab,  buku apa yang anda inginkan?

Maka sebagian besarnya akan menjawab tanpa ragu-ragu, Konkordansi Alkitab.

Alasan Konkordansi Alkitab demikian bernilai adalah pertama-tama Anda dapat mempelajari Alkitab menurut topiknya, kalau anda mempunyai konkordansi Alkitab.

Anda dapat mengambil konsep atau topik apapun dalam Alkitab dan Kalau Anda mencarinya dalam konkordansi Alkitab Tunjukkan dimana saja Anda dapat menemukan kata tersebut dalam Alkitab, mulai dari kitab kejadian hingga Kitab Wahyu.

Hal itu akan memberi Anda gambaran besar tentang subjek yang bersangkutan.

Saya meyakini bahwa demikianlah alasan mengapa para sarjana Alkitab demikian menyukai Konkordansi Alkitab.

Alasan lain mengapa Konkordansi Alkitab merupakan alat yang berharga adalah karena dapat membantu Anda menemukan ayat-ayat kitab suci.

Entah sudah seberapa sering seseorang menanyakan kepada Anda, di mana Alkitab mengajarkan bahwa cinta uang adalah akar dari segala kejahatan, dan Anda memeras otak namun tidak mengingatnya.

Dengan konkordansi Alkitab, Anda tinggal mencari salah satu kata tersebut. Cinta, uang, akar, kejahatan dan Anda akan segera menemukan ayat yang mengatakan bahwa cinta uang adalah akar dari segala kejahatan.

Untuk mempelajari Alkitab, ada peralatan lain yang sangat bermanfaat dan saya merekomendasikannya.

Ada buku panduan atau penjelasan Alkitab.

Buku ini adalah alat yang sangat baik dan membantu Anda lebih memahami Alkitab.

Booklet buku studi kami adalah ibarat penjelasan Alkitab kecil dan saya merekomendasikan Anda menghubungi kami untuk memintanya.

Sebab sangat penting untuk membantu anda mempelajari, memahami dan mengajarkannya kepada orang lain.

Ada banyak pendeta yang mendengarkan dan mempelajari pelajaran Alkitab ini.

Mungkin suatu hari kelak seseorang akan mengajukan suatu pertanyaan tentang Alkitab kepada anda dan anda perlu dapat menjawabnya dengan tepat.

Lalu tentunya ada membutuhkan buku catatan untuk mencatat serta menulis pertanyaan.

Ingatlah bahwa kita akan memulai suatu perjalanan jauh.

Siapkanlah peralatan anda. Jangan melewatkan satu pelajaran pun dan Undanglah teman-teman Anda untuk bergabung dalam petualangan mengagumkan ini, yaitu mempelajari buku paling laris di dunia yaitu Alkitab.

Dalam Injil, kita diberitahu bahwa Yesus menjumpai para rasul setelah bangkit dari antara orang mati dan membagikan beberapa fakta tentang Alkitab.

Karena faktor fakta tentang Alkitab yang Yesus bagikan tersebut kepada para Rasul untuk pertama kalinya seumur hidup mereka, mereka memahami Alkitab.

Faktor fakta tentang Alkitab yang hidup bagikan kepada mereka tersebut membuka pemahaman mereka tentang Alkitab.

Dengan semangat seperti itu, saya ingin membagikan beberapa fakta tentang Alkitab kepada Anda dan saya berharap agar fakta-fakta ini akan membuka pemahaman Anda tentang Alkitab.

————————————————–

Pertama, Saya ingin merenungkan definisi Alkitab.

Apa sebenarnya Alkitab itua?

Sebagian besar Alkitab berjudul kitab suci pada bagian sampulnya. Apa maksudnya?

Kata ‘Kitab Suci’ berasal dari kata ‘biblia’ yang mengimplikasikan kemajemukan kita.

Seandainya Anda mempelajari kata ini dalam  bentuk orisinilnya, Anda akan langsung mengetahui bahwa isinya adalah lebih dari satu kitab.

Alkitab dari 66 Kitab.

Lalu apa maksudnya koleksi kitab suci?

Kata suci disini maksudnya adalah kepunyaan Allah atau berasal dari Allah.

Ada hubungannya dengan Allah.  Allah Itulah sumbernya.

Demikianlah maksudnya kata Suci.

Makna utamanya adalah kepunyaan Allah, dengan kata lain kitab suci berarti kitab-kitab yang berhubungan dengan Allah.

Allah sangat erat hubungannya dengan kitab-kitab ini.

Kitab-kitab ini memuat pesan Allah kepada manusia.

Hal itu menjadikannya sebagai kitab terpenting di dunia.

Oleh karenanya, Studi Alkitab adalah studi terpenting di dunia.

Itulah sebabnya kita akan mempelajarinya sebab Alkitab adalah pesan Allah bagi kita.

Alkitab juga disebut sebagai Firman Allah. Anda pasti sering mendengar orang menyebutnya Firman Allah. Apa maksudnya?

Kita menyebutnya Alkitab sebagai Firman Allah karena pernyataan-pernyataan yang diberikan oleh para nabi dan rasul seperti Petrus dan Paulus, misalnya dalam 2 Timotius 3 : 16 dan 17 Paulus menulis, 

“Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

Dalam kedua Ayat tersebut, Rasul Paulus mengatakan bahwa Allah sungguh erat hubungannya dengan penulisan kitab-kitab ini.

Allah mempunyai pesan yang hendak ia komunikasikan kepada manusia dan Untuk itu, Allah menggerakkan banyak orang besar, mungkin hingga 40 orang lebih.

Orang-orang itu akan gerakan Allah dengan sedemikian rupa sehingga tulisan mereka bukanlah tulisan mereka sendiri, melainkan Firman Allah.

Dalam waktu 1500 – 1600 tahun, orang-orang ini dan tulisan mereka menjadi kitab-kitab yang kita sebut Kitab Suci ini.

BAGIAN II

Kita melanjutkan perkenalan dengan studi Alkitab yang adalah kumpulan dari 66 kitab.

Sebagian besar Alkitab mempunyai sampul bertuliskan Kitab Suci.

Kata “Suci” berarti kepunyaan Allah atau yang datang dari Allah. Allah adalah sumbernya.

Demikian maksud kata Suci atau kepunyaan Allah.

Alkitab berhubungan dengan Allah dengan cara yang istimewa. Allah mempunyai hubungan yang sangat dinamis dengan kitab-kitab yang membentuk Alkitab.

Kitab ini memuat pesan Allah kepada manusia.

Hal itu menjadikan Alkitab sebagai kitab terpenting di dunia, oleh karenanya studi Alkitab adalah studi terpenting di dunia.

Itulah sebabnya kita akan mempelajari Alkitab bersama-sama sebab Alkitab adalah kitab Allah bagi kita.

————————————–

Allah mempunyai Pesan yang ingin disampaikannya kepada manusia dan untuk mengkomunikasikannya kepada manusia Allah menggerakkan banyak orang, mungkin 40 atau lebih.

Mereka digerakkan oleh Allah dengan cara yang sedemikian rupa sehingga tulisan mereka bukan tulisan mereka sendiri melainkan Firman Allah.

Dalam waktu 1500 – 1600 tahun tulisan mereka ini menjadi Alkitab yang disebut Kitab Suci.

Proses dengan mana Allah menggerakkan orang-orang ini untuk menulis Kitab-kitab tersebut disebut inspirasi.

Paulus mengatakan bahwa kitab-kitab ini datang dari Allah melalui inspirasi.

Kata inspirasi berarti menghembus ke dalam.

Kata ini ada hubungannya dengan Roh Kudus Allah, menghembus kedalam orang-orang ini, menggerakkan mereka untuk menulis kitab-kitab ini.

Petrus menggambarkan Alkitab begini, “sebab kami tidak mengikuti dongeng-dongeng isapan jempol manusia ketika kami memberitahukan kepadamu kuasa dan kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus, sebagai raja, tetapi Kami adalah saksi mata dari kebesarannya. Sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.”

Rasul Paulus mengatakan bahwa mukjizat Alkitab tergenapi melalui proses yang disebut inspirasi.

Petrus menjelaskan apa sebenarnya inspirasi itu.

Petrus mengatakannya begini: Pesan yang ditulis oleh orang-orang tertentu ini, dalam kitab-kitab tersebut bukanlah berasal dari mereka sendiri, melainkan dari Allah.

Segala pesan yang tertulis dalam kitab yang terinspirasi kan itu berasal dari hati Allah.

Allah mengkomunikasikannya kepada manusia melalui dorongan Roh Kudus.

Petrus menggunakan sebuah kata yang indah dalam bahasa Yunani yaitu Pero.

Di banyak tempat orang menggunakan perahu dan bukan jembatan penyeberangan, terutama di area-area dimana terdapat banyak air, karena perahu itu kita gunakan untuk mengantarkan kita dari suatu tempat ke tempat lain dan perahu itu disebut very.

Itulah arti kata Vero dalam bahasa Yunani yaitu very.

Itulah kata yang digunakan oleh Petrus ketika mengatakan bahwa Allah menggerakan orang-orang tersebut.

Bayangkan angin meniup layar sebuah perahu dan menggerakkannya.

Itulah yang dimaksud dengan inspirasi menurut Petrus.

Sebutan lain adalah Firman Allah yang hidup. Bukan berlaku bagi kitab suci melainkan bagi Yesus Kristus.

Alkitab disebut Firman Allah yang tertulis, Yesus Kristus disebut Firman Allah yang hidup.

Pribadi Yesus seutuhnya, segala yang Dia ucapkan dan segala yang Yesus lakukan adalah Firman Allah kepada kita.

Allah telah menyampaikan banyak hal kepada kita melalui Alkitab, namun Allah menyampaikan lebih banyak hal lagi kepada kita melalui anaknya Yesus Kristus.

Allah menyampaikan lebih banyak kepada dunia melalui kehidupan dan ajaran Yesus Kristus daripada melalui cara lainnya.

Oleh karenanya, Yesus Kristus disebut sebagai Firman Allah yang hidup.

Kita mendengar orang mengatakan sang pendeta sungguh menggunakan Firman Allah.

Pengkotbahan Firman Allah adalah sungguh sebuah mukjizat besar.

Seseorang pernah menggambarkannya begini: Firman Allah yang di khotbah kan adalah roh Allah yang menggunakan Firman Allah melalui manusia untuk menjadikan seseorang anak Tuhan.

Rasul Paulus mengatakan: Allah berkenan menyelamatkan mereka yang percaya oleh kebodohan pemberitaan Injil.

Paulus tidak pernah memahami hal ini, namun yang jelas Paulus meyakininya dan berkomitmen terhadapnya.

Ketika Paulus pergi ke sebuah tempat dan mewartakan Injil Yesus Kristus, ia menemukan bahwa ketika Firman Allah atau pesan Allah dikhotbah kan oleh seseorang yang dikendalikan oleh Roh Kudus, banyak orang yang diselamatkan dan dijadikan putra-putri Allah.

Sekarang saya ingin menyinggung sesuatu tentang susunan Alkitab.

Dalam sesi-sesi pertama ini, saya mengasumsikan bahwa Anda belum pernah membuka Alkitab.

Kalau anda sudah menjadi sarjana Alkitab, bersabarlah. Kami akan menyusul dalam beberapa sesi lagi.

Penting kita sadari bahwa ke-66 kitab dalam Alkitab disusun bukan menurut Kapan kitab-kitab ini ditulis atau Kapan para penulis hidup.

Mungkin Anda menyangkanya demikian padahal bukan.

Ke-66 kitab ini disusun menurut jenisnya. 

Ke-66 kitab ini disusun menjadi 2 divisi yang satu disebut perjanjian lama, yang satu disebut perjanjian baru.

Dulunya tidak demikian.

Di zaman Yesus misalnya,  tidak ada yang namanya Perjanjian Lama dan perjanjian baru.

Ketika itu perjanjian baru belum ditulis, maka kitab-kitab yang ada di zaman Yesus hanya disebut Firman Allah atau kitab suci.

Setelah perjanjian baru ditulis dan disusun menjadi sebuah koleksi Kitab, baru orang membedakan antara Perjanjian Lama dan perjanjian baru.

Pesan prinsip dari perjanjian lama adalah bahwa Yesus akan datang.

Demikianlah intinya.

Pada mulanya, menurut kitab suci, Allah dan manusia masih harmonis. Akan tetapi Allah menjadikan manusia sebagai makhluk yang sanggup memilih dan sayangnya manusia memilih menjauhi Allah.

Karena Allah tidak tahan menyaksikan pemberontakan atau ketidaktaatan seperti itu, Allah pun menjauhi manusia.

Demikianlah terjadi semacam perceraian di antara Allah dengan manusia.

Perceraian di antara Allah dengan manusia merupakan masalah mendasar yang dibahas dalam Kitab Suci.

Dalam Perjanjian Lama ingin menyampaikan: Maukah engkau percaya kepadaku ketika Aku mengatakan bahwa Aku akan melakukan sesuatu tentang perceraian ini?

Dalam perjanjian baru, Allah ingin menyampaikan: Maukah engkau percaya kepadaku ketika Aku mengatakan bahwa Aku telah melakukan sesuatu tentang perceraian itu?

Perjanjian Lama menyampaikan bahwa Yesus akan datang untuk memperdamaikan perceraian di antara Allah dengan makhluk ciptaanNya.

Perjanjian Baru menyampaikan kabar baik. Yesus telah datang dan memperdamaikan perceraian di antara Allah dengan manusia tersebut.

Ada 2 kata di dalam Injil Markus yang merangkum ke seluruhan perjanjian baru yaitu Yesus datang.

Perjanjian lama disusun dibawah 5 judul yang berbeda-beda.

Ada 5 jenis kitab dalam Perjanjian Lama. 

Pertama kitab hukum yang adalah murni Firman Allah.

Di sinilah Allah benar-benar menyampaikan apa yang benar dan apa yang salah dan meluruskan kita.

Di sinilah Allah menyampaikan standard kebenarannya.

Kelima kitab hukum ini disusun dengan 10 kitab sejarah.

Ke-10 kitab sejarah ini kurang lebih menyampaikan bahwa terkadang umat Allah mematuhi kitab hukum itu dan terkadang tidak.

Ketika mereka mematuhi kitab hukum tersebut, mereka menjadi teladan untuk kita ikuti. 

Ketika mereka tidak mematuhi kitab hukum tersebut, kehidupan mereka menjadi peringatan bagi kita.

Dalam 1 Korintus 10 : 11, Rasul Paulus memberi kita kunci bagi kitab sejarah Perjanjian Lama dan 1 kitab sejarah perjanjian baru.

Ketika Anda membaca kitab sejarah, Anda mencari teladan dan peringatan dan teladan serta peringatan ini didasarkan pada fakta bahwa terkadang mereka mematuhi Firman Allah yang termuat dalam kelima kitab pertama itu dan terkadang tidak.

Ketika mereka mematuhinya, mereka menjadi teladan. Ketika mereka tidak mematuhinya kehidupan mereka menjadi peringatan bagi kita.

Kitab sejarah disusun dengan kita puisi.

Kitab Puisi adalah pesan Allah kepada umatnya sementara mereka berusaha hidup menurut Firman-Nya di dunia ini.

Di dalam kitab puisi, Allah menyampaikan pesan ke dalam hati umatnya. 

Misalnya dalam kitab Ayub, Allah menyampaikan pesan kepada umatnya ketika mereka sedang menderita. 

Dalam kitab Mazmur Allah menyampaikan pesan kepada umatnya ketika mereka sedang beribadah, tentang segala yang masuk ke dalam hati anda ketika anda beribadah.

Itulah pesan Kitab Mazmur.

Dalam Kitab Amsal, Allah menjelaskan tentang apa yang terjadi di dalam hati kita ketika kita berada dalam masyarakat berinteraksi dengan sesama.

Seseorang pernah mengatakan bahwa ketika Anda sedang berbisnis, ada 2 hal yang akan anda raih uang dan pengalaman.

Akan tetapi Ketika anda berbisnis dengan sebagian orang, mereka selalu mendapatkan uangnya dan Anda selalu mendapatkan pengalaman.

Kitab Amsal ditulis karena Allah tidak mau umatnya hanya mendapatkan pengalaman saja, hari demi hari.

———————————————-

Sekian dulu sampai disini dan berencanalah untuk bergabung kembali dengan kami.

Sementara kami melanjutkan studi terpenting di dunia ini yaitu studi Alkitab. 

Undanglah teman Anda yang berminat untuk mengetahui lebih banyak dan memahami Firman Allah. [GR1]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s