FEBRUARI 29

Refleksi & Penyembahan

Hari 60

“Semua yang Dibutuhkan Tuhan”

ORANG YANG “TAHU SEGALA SESUATU” MEMILIKI BANYAK HAL UNTUK DIPELAJARI.

REFLEKSI

“Ambil dua,” kata dokter Anda, memerintahkan Anda untuk minum dua tablet obat setiap hari sampai Anda merasa lebih baik.

 “Ambil dua,” kata sang sutradara, menginstruksikan para aktor untuk mengulangi bagian dari drama yang tidak berhasil pada kali pertama.

 Keduanya akan menjadi ringkasan akurat dari bab-bab yang telah Anda baca minggu lalu.  “Ambil dua loh hukum,” kata Musa, dan bukan sebagai obat harian melainkan meditasi harian.  Dengan melakukan hal itu, generasi baru akan menghindari kebodohan dan sakit hati orang tua mereka, yang meninggal di padang pasir alih-alih di negeri susu dan madu.  Bangsa ini diberi kesempatan kedua untuk menemukan bahwa hukum itu dirancang bukan untuk membatasi dan membelenggu tetapi untuk menyelaraskan bangsa dengan tujuan suci Allah, yang menghasilkan penyediaan, perlindungan, dan kehidupan yang berkepanjangan (Ulangan 5: 32-33).

 Ini adalah pelajaran yang Tuhan ingin orang tua ajarkan kepada anak-anak mereka, dan Israel untuk mengajar bangsa-bangsa di sekitar mereka: “Dan sekarang, Israel, apa yang TUHAN tuntut dari Allahmu kepadamu?  Ia hanya menuntut agar Anda takut akan TUHAN, Allahmu, dan hidup dengan cara yang menyenangkannya, dan mencintainya serta melayani dia dengan segenap hati dan jiwa Anda. Dan kamu harus selalu menaati perintah TUHAN dan dekrit yang aku berikan kepadamu hari ini untuk kebaikanmu sendiri ”(Ulangan 10: 12-13, penekanan ditambahkan). 

KONTEMPLASI

Apa yang dibutuhkan patroli jalan raya di negara Anda untuk pengendara?  Tetap dalam batas kecepatan; jangan membahayakan orang lain; kendalikan mobil Anda;  jangan mengemudi tanpa lisensi — hal-hal sederhana yang dirancang untuk kesejahteraan semua orang.  Apakah Anda mengatakan bahwa patroli jalan raya itu berat sebelah dan tidak adil untuk membuat tuntutan pengendara seperti itu, atau bahwa tujuan mereka adalah untuk memastikan bahwa setiap orang dapat menggunakan dan menikmati jalan raya sepenuhnya?  Yang terakhir, tentu saja.

Dengan cara yang sama, Pengarang Kehidupan, yang seharusnya tahu bagaimana kehidupan seharusnya dijalani, menginginkan Anda untuk menemukan cara menjalani hidup sepenuhnya.  Lagipula, Yesuslah yang berkata, “Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan ”(Yohanes 10:10). Tuhan bukanlah kesenangan kosmik, yang membuat Anda sengsara dengan aturan dan peraturan yang tidak perlu.  Perintah dan peringatan-Nya adalah demi kebaikan utama kita, dan mereka yang mengabaikannya akan menghadapi konsekuensi.

 Anda dapat yakin jika Tuhan mengatakan sesuatu lebih dari satu kali (seperti Sepuluh Perintah dalam Keluaran 20 dan Ulangan 5), kita harus memperhatikan!

 APLIKASI

Mungkin nabi Mikha mengatakan yang terbaik.  Bacalah kata-katanya dengan keras dua kali, mencari jawaban untuk pertanyaan, Apa yang Tuhan harapkan untuk saya lakukan?

 “Wahai manusia, TUHAN telah memberitahumu apa yang baik, dan inilah yang dia minta darimu: untuk melakukan yang benar, untuk mengasihi belas kasihan, dan hidup dengan rendah hati dengan Allahmu” (Mikha 6: 8).

 Sekarang tutup mata Anda, dan beri tahu Tuhan apa yang Anda baca dan apa yang ingin Anda lakukan.

Untuk melihat renungan hari lainnya, klik tautan berikut ini:
https://renunganselamat.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s